Minggu, 07 September 2008

Placement Test?! Aarrggghhh! *Seri Dakwah Lagi! Hehehe...*


Yo, Assalamu'alaikum, minna-san!

Hari ini Puu stres berat! Huff... Kayak belum cukup aja 'siksaan' yang dikasih sekolah berupa banyak ulangan+remedial, sekarang dateng lagi 'siksaan' baru, Placement Test LIA! Duhduhduh...

Ceritanya begini, tadi pagi Puu ikut Placement Test LIA buat program EA (English for Adult) yang dilaksanain mulai dari jam 8 sampai jam 9. Berhubung jarak rumah Puu sama LIA itu lumayan jauh (Puu di Cimanggis, LIA di Margonda. Kurang lebih 10 kilometer lah kalau lewat Jalan Juanda!), jadi Puu udah siap-siap dari jam 6. Singkatnya, Puu berangkat dari rumah jam 7, naik mobil pribadi. Soalnya kalau naik angkot, enggak kebayang bakalan sampai sana jam berapa! (Jalurnya beda soalnya!), Alhamdulillah, jalanan lancar dari mulai keluar komplek rumah sampai ke LIA.

Dan untungnya Puu enggak sendirian ikut tes ini. Ada juga temen sekaligus 'murid' Puu (karena meskipun umur Puu lebih muda, tapi dia ngakuin kalau Puu pantes jadi sensei-nya! ;p), si Dita. Tapi sayangnya Puu enggak berangkat bareng sama Dita. Dia bilangnya mau langsung ketemuan di LIA aja. Mau enggak mau, Puu setuju, daripada ribut! Secara makhluk yang satu ini kan rébék banget kalau dilawan! Tapi dengan perjanjian jangan pakai acara ngaret-ngaretan!

Tapi sayangnya si Dita emang Ratu Ngaret Sejati! Waktu Puu udah sampai di Jalan Juanda, itu anak masih baru mau berangkat! Bah, rumah dia kan jauh dari LIA! Alamat bakal ngaret deh! 'Ya udah, sabar, lagi puasa!', kata inner Puu. Dan jam 07.23, pas Puu udah sampai LIA, Puu langsung duduk manis di ruang tunggu depan resepsionis. Waktu itu udah lumayan banyak anak yang dateng. Dan yang bikin Puu agak kaget, mereka-yang badannya udah pada gede-gede semua-dateng dengan dianter sama orang tuanya! Padahal Puu dateng sendirian aja tuh, cuma dianter sampai depan LIA aja. Mama sama Papa Puu kan kalau hari Minggu habis Salat Subuh, biasanya langsung ngegeletak di kasur sampai Zuhur. Jadi mana mau mereka nemenin Puu? Serasa jadi anak terbuang! Hikss...

Selesai merhatiin lingkungan sekitar, Puu akhirnya buka-buka buku English Grammar terbitan tahun 1986 (Alamak...), bukan sepenuhnya buat belajar sih, tapi biar ada kegiatan plus enggak cengo nungguin si murid tukang ngaret itu. Tapi yang ada, pikiran malah enggak bisa fokus! Sebentar-sebentar ngelihat keluar, ke tempat parkiran. Siapa tahu si Dita udah dateng. Tapi nyatanya, setelah hampir 30 kali nengok ke arah tempat parkiran, kilauan behel dari Dita belum kelihatan juga! Beuh, dasar murid durhaka! XD

Malah pas Puu SMS nanyain keberadaan dia, dia bales gini :
PG aja gue blm nyampe. Bentar Vin, 10 mnt lg de
Bacanya bikin Puu sweatdropped, kalau belum nyampe PG, tandanya tuh anak bakalan bener-bener bikin Puu bosen nungguin. Dan Puu juga tahu, kalau bakal butuh waktu lebih dari sepuluh menit buat nungguin dia.

Dan akhirnya, setelah nungguin kurang lebih tujuh belas menit (tuh anak korupsi 7 menit!), si murid berbehel yang bangga akan 'kebehelannya' itu datang juga, sambil nyengir-nyengir enggak jelas. Puu udah cemberut aja! Tapi namanya juga orang lagi puasa, ya udahlah, sok atuh!

Terus pas Dita dateng, kita langsung naik ke lantai 3, ke tempat tesnya. Tepatnya di ruang 301. Untungnya Puu udah berpengalaman di gedung itu (pas SMP, Puu sempet kursus di sana 6 bulan), jadi enggak perlu repot-repot nyari ruangan. Dan enggak lama kemudian, bel bunyi. Tanda tesnya udah siap dimulai.

Dan, yap! Pengawasnya masuk dan langsung ngebagiin lembar jawabannya. Puu ngisi dengan semangat, karena udah tahu prosedur pengisiannya. Setelah ngisi dan booklet soalnya udah dibagiin, mulai deh, itu pengawas nyalain radio buat sesi listening.

Awalnya sih gampang-gampang aja. Tapi mulai soal nomor enam belas ke bawah kok percakapannya jadi makin enggak jelas didengar plus makin cepet sih? Beuh, dasar! Tapi masih okelah, seenggaknya dari 20 soal, yang bisa Puu jawab dengan yakin ada 13 soal (oke darimana tuh? :D).

Pas listening selesai, mulai deh, sesi writing-nya yang jumlahnya ada 80 soal. Berikut adalah suasana hati Puu waktu ngerjain writing-nya :

*Soal nomor 1 sampai 30* 
Gampang yah! Kalau soalnya begini, aku bisa masuk level intermediate dong! Enggak sia-sia aku enggak belajar semalem! *Lha?* Masih bisa sombong!

*Soal nomor 31sampai 50*
Jah, kok yang keluar soal beginian sih! (Identifikasi grammar! Puu kan paling kacau di grammar!). Udah mulai ada yang bolong-bolong. (Kerupuk, kali! xP)

*Soal nomor 51 sampai 60*
Ouch! Mamen eats ramen! *?!* Bolong-bolongnya makin banyak.

*
Soal nomor 61 sampai 80*
Ganbatte! Ganbatte, Puu! Inget, dulu waktu kursus di sini, kamu selalu dapet nilai tertinggi di kelas, kan? Memotivasi sekaligus menyombongkan diri. Hehehe...

*Soal nomor 81-90*
Cold sweat! *?!*

*Soal nomor 91 ke bawah*
"Yak! Waktunya sepuluh menit lagi!", kata si pengawas.
Emaaaaakkkkk! OeMGi, watdepak, watdahell, mamen eats ramen! Aje gile, soal ngebutekin gini waktunya tinggal sepuluh menit lagi! Tepar gue! (Betawi mode : ON!)
Terpaksa isi sebisanya!

Dan akhirnya, saking buru-burunya, semua jawaban yang bolong-bolong pun Puu hajar tanpa pikir panjang! Masa bodo, yang penting keisi! Dan, teeeeettt... Akhirnya bunyi mengerikan a.k.a bunyi bel pun berkmandang ke seluruh penjuru LIA, tepat saat Puu ngelingkarin jawaban nomor 92, jawaban terakhir. Fyuhh... Alhamdulillah deh, keisi semua walaupun asal!

Jadi, berdasarkan urutan soalnya, ternyata nomor yang makin ke bawah, makin susah! Dan pas awal-awal emang masih gampang dan Puu masih bisa sombong. Padahal Puu enggak tahu 'bahaya' yang mengancam di soal-soal selanjutnya! Karena soal-soal itu banyak ditanyain soal grammar, yang Alhamdulillah, merupakan kelemahan utama Puu dalam Bahasa Inggris.

Intinya, hari ini Puu dapat pelajaran berharga! Meskipun dulunya Puu selalu dapat nilai bagus di LIA, tapi ternyata semua itu juga enggak selamanya bertahan kalau enggak diasah terus. Jujur aja, dulu pas keluar dari LIA, Puu langsung stop mendalami Bahasa Inggris karena emang waktu itu lagi fokus buat UN. Dan habis UN, Puu udah enggak mau mikirin pelajaran lagi (terbukti dengan nilai ijazah Puu yang kebakaran a.k.a hampir semuanya 7! ;p).

Terus pelajaran selanjutnya adalah, kita sama sekali enggak berhak sombong sekecil apapun bentuk kesombongan itu! Sealim-alimnya kita, kalau kita sombong, pahalanya juga bakal hilang dan berkah dari  apa yang kita lakukan juga enggak ada! Terbukti dari Puu yang terlalu sombong dengan cara enggak belajar dan mikir kalau Palcement Testnya pasti gampang, kayak waktu Placement Test Puu di SMP. Dan hasilnya? Puu keringetan sepanjang sepuluh menit terakhir gara-gara otak udah enggak dikasih kecemerlangan sama Allah. Mungkin itu sebagai hukuman akan kesombongannya Puu. Huff... Tapi enggak apa-apa deh, yang penting Puu udah dapet pengalaman berharga hari ini!

Dan hasil tesnya diumumin Kamis nanti. Enggak tahu deh nasib bakalan ditempatin di level mana! Hehehee...

Sekian aja deh. Semoga kisah Puu ini bisa jadi pembelajaran buat semua orang yang mampir ke blog ini.

Wassalamu'alaikum, minna-san!

Tidak ada komentar: