Rabu, 25 Februari 2009

Kata Hati Apa Kata Setan?

Assalamu'alaikum, kawan!!

Sesuai dengan judul, sodara-sodara! Tema kita kali ini adalah 'kata hati apa kata setan?'... *kayak pembukaannya acara Mamah dan Aa. And FYI, Oma saya adalah penggemar acara ini. Termasuk saya juga sih. Hehehe... Gak penting banget!*

Kalo mau baca, sok terusin atuh. Tapi kalo mo di skip juga gapapa, asal kasih komennya aja. Heheh. Bingung, ribet banget sih nyuruh orang-orang (termasuk anda yang kebetulan baca!) buat ngasi komen ke blog ini. Entah apa yang membuat para orang tersebut merasa berkeberatan untuk ngasi komen. Padahal mah gak usah susah-susah meres otak, cuma tinggal klik, nulis beberapa kata, udah. Done. Saya senang, anda dapet pahala. Gak serepot ngerjain trigonometri plus sudut-sudut berelasi, kan? Hyeheheh.

Oke, karena saya a.k.a gw udah ngeluarin uneg-unegnya pada pembaca (lagi males ber'aku-kamu' ria nih! Maklum, gaya bahasa saya a.k.a gw itu fleksibel. Enggak melulu aku-kamu or gw-elo. Apa aja tergantung mood dan situasi.), maka kali ini gw akan bercerita. Tentang kata hati.

Jadi ceritanya berlangsung kemaren malem. Abis pelatihan terakhir astronomi, gw pulang ke rumah (iya ke rumah, gak ke bonbin!) dan gw pun melakukan kegiatan biasa sesampainya di rumah. Masuk kamar, nyalain AC, nyetel TV, en duduk manis di tempat tidur sambil nonton. Emang kegiatan gak penting.

Dan tau apa yang pentingnya, sodara-sodara? Gw enak-enakkan nonton TV tanpa sekalipun ngelirik buku-buku astronomi yang menggeletak tanpa dosa di tas ijo gw. Padahal gw tau bener kalo besoknya (baca : today) bakal ada tes seleksi buat milih Tim Olimpiade Smansa yang bakal wakilin sekolah buat ikutan Olimpiade Sains Tingkat Kota (OSK) Maret nanti! Dan mata pelajaran yang dilombain sih emang bukan cuma astronomi aja (ya iyalah!). Tapi semua mata pelajaran sains (Bio, mat, fis, kim, kom, geo, eko). Akan tetapi, berhubung gw masuk ekskulnya di divisi astronomi, otomatis dong gw bakalan di-tes tentang astronomi, gak mungkin gw dikasih tes biologi! Sangat tidak mungkin...

Back to our main topic. Kenapa gw tega-teganya menelantarkan buku-buku astro gw yang masih kecil dan lucu-lucu itu (emangnya bayi?) sementara gw asik pacaran bedua ama TV tercinta? Jawabannya ialah, karena kata hati gw bilang begitu! Maksudnya, kata hati gw bilang, kalo gw enggak perlu belajar! Cukup nonton dengan tenang tanpa mikirin apa-apa.

Yang gw bingung, ini kata hati apa kata setan sih? Tapi serius, gw gak merasakan niatan apapun buat nyentuh buku-buku astro yang kalo dibuka, kamar gw bakalan bau bintang en rumus. Intinya kemaren malem gw emang gak niat belajar. Padahal gw kan pengen banget ikutan OSN (Olimpiade Sains Nasional). Karena kalo gw ikutan OSN, kira-kira reaksi orang-orang terdekat gw bakalan kayak gini :

1. Mama : "Duuhh, anak Mama emang the best, deh! Biar kata kamu kerjaannya morotin duit Mama terus gara-gara tagihan internet yang bengkak, tapi paling enggak, kamu udah buktiin ke Mama kalo kamu itu emang anak yang hebat! I love you, honey!"

2. Papa : "Pinter kamu!" *gw gak bisa memperkirakan reaksi Papa yang sebenernya, karena Papa gw itu sama kayak gw, orangnya gak ketebak*

3. Oma : "Hebring, Cucu Oma!(Sambil nyium)Coba Opa masih hidup, kamu pasti dikasih duit banyak!"

4. Adek-adek : "Caca ikut OSN? Emang OSN apaan sih?"

5. Om Abang (Kakak Mama gw yang tajir) : "Kamu ikut OSN? Hebat!" *langsung ngasih lima ratus ribu! Heheh, ngarep!*

6. Temen-temen : "TRAKTIRAN!" *yang ini sih, gak peduli tempat atawa waktu!*

7. Guru-guru : -berkata dalam hati- "Nih anak biar kata semester satunya dodol banget, ternyata hebat juga!"

Hehe, mungkin gw jadi sedikit riya gara-gara mengharapkan reaksi semacam itu.

Balik lagi ke kata hati (atau mungkin kata setan). Yap, kata hati gw terus bilang, "Gak usah belajar, Vin! Gak usah belajar!". Giliran akal sehat gw nanya, "Kenapa gak usah belajar?". Si kata hati (atau mungkin kata setan) menjawab, "Gak usah aja. Cuek lah, ngapain sih belajar segala?". Akal sehat gw langsung pudar.

Heuh, kata hati (atau mungkin kata setan) gw emang gak bisa ngasih jawaban yang logis atas perkataannya. Tapi anehnya gw turutin aja tuh, ajaran sesat hati gw. Udah gitu, si kata hati (atau mungkin kata setan) gw nyuruh biar gw buka facebook aja. Gw nurut. TV gw matiin. Gw buka facebook. Sampe jam 11 malem. Walaupun udah gak ada wall lagi, tapi dodolnya tetep aja gw pantengin tuh facebook! Pake acara aplot poto segala lagih! Huuuff...

Ujung-ujungnya gw ngantuk. Dan selayaknya orang ngantuk, gw tidur. Tanpa nyentuh buku-buku astro! Sekali lagi gw tekenin, tanpa nyentuh buku-buku astro, sodara-sodara!

Dan akhirnya, voilá! Waktu seleksi mulai, dengan sukses gw hancurkan reputasi gw sebagai Evin si Anak Astronomi!. Yap, gara-gara nurutin tuh kata hati (atau mungkin kata setan), gw cengo pas baca soal. Gw kulik-kulik rumus, gak ketemu. Gw pelototin segala soal yang berkaitan dengan nalar, gak berhasil, nalar gw buntu. Semua karena manuruti kata hati (atau mungin kata setan) dodol gw.

Jadi, kawan-kawanku sebangsa dan setanah air (sumpah, basi banget kata-katanya!), waspadailah kata hati anda! Bila kata-kata hati anda sudah semi-setan, maksud saya, sudah hampir terkontaminasi dengan rayuan setan, abaikan saja! Jangan dituruti! Karena nanti anda akan bernasib sama dengan saya! Gak bisa jawab soal!

Kayak lagunya Hello, "Aku tertipu, aku terjebak, aku terperangkap oleh kata hatikuuuu...". Hehe, nadanya dicocok-cocokin aja ya sama sya'irnya!

Dan OSN, duh OSN. Semoga biar kata gw cengo waktu jawab soal, tapi gw masih bisa lolos demi mengangkat reputasi gw lagi. Amiiinnn.

~Ya Allah, maafkan kesombongan hamba! Beri hamba kesempatan sekali lagi. Amin..~

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kyaknya aku slah 1 org yg terjerat kata setan deh, huwaa hwaaa..